Inilah Hal Wajib yang Harus Diketahui Oleh Pria Tentang Fungsi Hormon FSH dan LH Pada Tubuh

Fungsi hormon FSH dan LH ini memang tak hanya ada pada tubuh wanita saja, melainkan pria juga memiliki hormon tersebut. Oleh karena itu, jika Anda ingin tahu lebih dalam tentang kedua hormon tersebut maka Anda bisa langsung simak ulasannya seperti berikut ini.

Fungsi Hormon FSH dan LH Pada Pria

Penting untuk Anda ketahui bahwa fungsi hormon FSH dan LH ini yang ada pada tubuh pria tentu sangat berbeda dengan fungsi hormon yang ada pada tubuh wanita meskipun memang masih berkaitan dengan yang namanya sistem reproduksi. Jadi, untuk fungsi hormon FSH dan LH dalam tubuh pria yaitu yang mana kedua hormon tersebut nantinya akan memastikan proses pembentukan dari sel pria sehat atau spermatogenesis yang ada pada pria bisa tetap berjalan dengan baik.

Jadi, sel sertoli yang ada pada testis nantinya akan membutuhkan hormon FSH dengan tujuan untuk memproduksi protein sebagai pengikat ABP atau androgen. Oleh karena itu, protein yang seperti inilah yang nantinya akan menjadi kunci awal sehingga dapat merangsang pembentukan dari sperma yang sehat pada pria. 

Kemudian, giliran kelenjar pituitari yang nantinya siap mengeluarkan hormon LH pada tubuh. Jadi, dengan begitu hormon LH ini nantinya akan merangsang sel leyding sehingga bisa menghasilkan testosterone. Untuk itu, penting pula untuk Anda ketahui bahwa testosterone ini merupakan hormon seks pria yang nantinya dapat menghasilkan sperma.

Nah, pada saat testosterone yang nantinya dihasilkan sangat rendah maka kualitas dan kuantitas dari sperma tersebut juga akan dapat menurun. Untuk itu, dampaknya akan fatal sekali, yang mana pria akan berkemungkinan dapat mengalami pula disfungsi ereksi karena memang testosterone jauh dari kata yang cukup.

Dampak Kadar Hormon FSH dan Hormon LH yang Terlalu Tinggi Pada Pria

Jika berbicara mengenai masalah dampak tentu hal ini sama halnya yang terjadi pada wanita, yang mana fungsi dari hormon FSH dan LH tentu saja berkemungkinan tidak akan dapat bekerja dengan baik apabila kadarnya memang terlalu tinggi. Oleh karena itu, apa saja dampaknya jika kedua hormon tersebut terlalu tinggi, antara lain yaitu seperti :

  • Terpapar radiasi.
  • Testis nantinya tidak akan dapat bekerja dengan baik.
  • Penyakit autoimun.
  • Testis yang rusak bisa diakibatkan oleh penggunaan alkohol secara berlebihan.
  • Testis yang rusak bisa saja disebabkan oleh pengobatan medis seperti kemoterapi dan X-ray.
  • Adanya sindrom klinefelter yang membuat kondisi tubuh menjadi kelebihan kromosom X yang mana dapat mempengaruhi pertumbuhan pria.

Begitu pula sebaliknya jika kedua hormon tersebut terlalu rendah. Hal ini bisa saja hormon FSH dan LH tidak dapat bekerja dengan baik sesuai dengan fungsi yaitu penurunan kadar hormon testosterone. Jika hal tersebut turun maka menyebabkan organ pada reproduksi pria tidak dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, ada kemungkinan pula akan berkaitan dengan kehilangan gairah seks, sering merasa lelah hingga infertilitas pada pria.

Bagaimana, apakah Anda sudah mengerti dan paham tentang fungsi hormon FSH dan LH yang ada pada pria? Tentu saja bukan. Semoga penjelasan tersebut bisa bermanfaat buat Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *