Cara Menghitung Masa Subur Menggunakan Kalender Ovulasi

Kalender ovulasi merupakan salah satu metode paling sederhana yang bisa digunakan untuk menghitung masa subur wanita. Penghitungan masa subur kini bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan rumus penghitungan paling mudah, yaitu menggunakan patokan hari pertama Anda mengalami haid pada periode tersebut.

Penghitungan ini cukup akurat dan bisa membantu Anda yang ingin melakukan program hamil atau ingin melakukan KB alami tanpa menggunakan obat. Berikut ini merupakan cara menghitung masa subur dengan menggunakan kalender ovulasi.

Tandai Tanggal Hari Pertama Haid Terakhir

Langkah pertama untuk melakukan penghitungan adalah dengan selalu menandai hari pertama haid terakhir pada periode tersebut. Sebaiknya Anda menghitung masa subur untuk beberapa periode sehingga proses penghitungan masa subur bisa menghasilkan tanggal yang lebih akurat.

Tambahkan 10 Hari Dari Tanggal Tersebut

Dari tanggal hari pertama haid terakhir yang telah ditandai, silahkan Anda tambahkan 10 hari kalender untuk menentukan masa subur Anda. Setelah mendapatkan hasil pertambahan hari pertama haid terakhir dan 10 hari tersebut, Anda akan melihat hari pertama masa subur yang Anda alami pada periode tersebut.

Tambahkan 4 Hari Dari Hasil Penghitungan

Setelah mendapatkan hasil kapan hari pertama masa subur Anda, silahkan Anda menambahkan 4 hari lagi untuk sebagai range atau masa dimana kemungkinan terjadi pembuahan akan semakin besar. Tanggal tersebut bisa digunakan untuk merencanakan kehamilan bagi Anda yang sedang menjalankan program kehamilan.

Namun tanggal penghitungan masa subur juga bisa digunakan untuk Anda yang ingin melakukan program KB. Bila Anda ingin mencegah terjadinya pembuahan, Anda disarankan untuk menghindari tanggal tersebut apabila ingin melakukan hubungan suami istri.

Metode ini mudah dilakukan dan dapat Anda hitungan sendiri di rumah. Anda tidak membutuhkan obat-obatan atau peralatan tambahan untuk melakukan penghitungan masa subur. Dari segi akurasi penghitungan, penggunaan kalender juga bisa menjadi salah satu metode dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi. Jangan ragu untuk mencoba metode kalender ovulasi bila ingin mengetahui kapan masa subur dan kapan saat yang tepat untuk melakukan pembuahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *