Besaran Dan Syarat Umum Agar Deposito Dijamin LPS

Apakah anda tahu apa itu LPS dan juga deposito dijamin LPS? Well, LPS adalah suatu lembaga independen yang mana fungsinya menjamin simpanan milik nasabah yang ikut serta menjaga stabilitas perbankan. Lalu, bagaimana agar deposito atau simpanan dapat dijamin LPS? Berapa nilai maksimalnya? Berikut penjelasannya:

Besaran simpanan yang akan dijamin pihak LPS

Nilai maksimal simpanan setiap nasabah yang akan dijamin pihak LPS ialah sebesar 2 miliar rupiah. Jika nasabah tersebut memiliki rekening lebih dari 1, maka yang dijamin adalah total keseluruhan jumlah saldo atau simpanan di semua rekening. 

Penjaminan nilai simpanan tersebut meliputi:

  • Simpanan pokok plus bunga untuk pihak bank konvensional
  • Simpanan pokok plus bagi hasil dengan pihak bank syariah

Bagaimana jika simpanan nasabah nilainya lebih dari 2 miliar? Tim Likuidasi yang akan menyelesaikannya sesuai dengan likuidasi kekayaan yang dimiliki pihak bank. 

Syarat deposito atau simpanan dapat dijamin LPS

Jika nasabah telah menerima bunga suatu simpanan yang mana melebihi ketetapan batas wajar suku bunga (yang sudah ditentukan pihak LPS), maka LPS tak akan menjamin simpanan tersebut entah itu berupa bunganya ataupun simpanan pokoknya. Nasabah harus menunggu dulu bagaimana pengumuman terkait hasil verifikasi dan juga rekonsiliasi simpanan/deposito tahap awal melalui website LPs, media cetak, atau di bank. Nasabah juga harus siap memenuhi semua persyaratan agar LPS menerima klaim tersebut. Persyaratannya antara lain:

  • Simpanan yang dimiliki nasabah masuk dalam catatan pembukuan bank
  • Nasabah tak diperkenankan mendapatkan bunga hasil simpanan yang mana lebih besar dari ketetapan LPS terkait batas suku bunga tersebut. Atau, nasabah tak memperoleh imbalan dari bank (imbalannya tak wajar).
  • Nasabah tidak bertindak sesuatu yang dapat merugikan pihak bank, misalnya kredit yang dimiliki macet.

Sesuai dengan UU No. 10 1999 tepatnya pasal 37B yang menyatakan tentang perbankan bahwasannya semua bank harus menjamin simpanan masyarakat pada bank tersebut. Dengan demikian, bank tersebut membentuk LPS untuk menjaminnya. 

Dalam penjaminan ini, nasabah tidak mengeluarkan biaya sepeserpun karena memang biaya setiap peserta penjaminan LPS menjadi tanggung jawab pihak bank. Namun, jika bank tersebut mengalami pencabutan izin usaha, maka bunga simpanan nasabah akan terhenti. 

Itulah informasi terkait persyaratan deposito dijamin LPS. Semoga bermanfaat bagi anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *